Rabu, 15 Oktober 2014

Bahasa Pidgin dan Kreol



BAB II
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang Masalah
Bahasa pada kenyataannya tidak tunggal melainkan berbeda-beda. Selain itu, dalam sebuah bahasa memiliki berbagai wujud variasi, antara lain variasi standar dan nonstandar. Variasi-variasi tersebut muncul karena faktor sosial budaya, tempat individu atau kelompok individu itu berada. Bentuk atau wujud bahasa seseorang atau kelompok masyarakat sedikit banyak dipengaruhi oleh lingkungan atau faktor ekstralingual yang bersentuhan dengannya. Oleh karena faktor ekstralingual bahasa menjadi beragam-ragam sesuai dengan kenyataan sosial yang direfleksikannya.
 Di antara berbagai macam bahasa itu adalah bahasa pijin dan bahasa kreol. Pada mulanya, pidgin dan kreol dianggap sebagai fenomena linguistik yang tidak menarik. Orang yang berbicara dengan pidgin dan kreol dianggap hina. Perilaku dan anggapan ini pada masa sekarang sudah berubah. Para ahli bahasa memberikan perhatian yang serius pada bahasa pidgin dan kreol. Mereka menemukan karakteristik yang menarik mengenai pidgin dan kreol. Kajian pidgin dan kreol menjadi bagian penting dari kajian sosiolinguistik dengan segala literatur dan kontroversi dari pidgin dan kreol itu sendiri. Pada akhirnya, para penutur bahasa menyadari bahwa berbicara dengan pidgin dan kreol bukanlah sebuah variasi bahasa yang jelek, tetapi bahasa atau variasi bahasa yang memiliki legitimasi, sejarah, struktur, dan kemungkinan pengakuan sebagai sebuah bahasa yang patut atau benar.
B.       Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah berdasarkan latar belakang masalah dalam penulisan makalah ini ialah menjelaskan tentang salah satu macam variasi bahasa yaitu bahasa pidgin dan bahasa kreol, serta contoh-contoh yang terkait tentang variasi bahasa tersebut. 
 

BAB II
PEMBAHASAN



A.      Bahasa Pidgin dan Kreol
1.        Bahasa Pidgin
Bahasa pidgin (pijin) adalah unsur bahasa yang dihasilkan dari kontak bahasa antarbangsa pada tempat tertentu dan muncul dalam komunitas perdagangan. Menurut KBBI (edisi 4:2008), pidgin (pijin) adalah pemakaian dua bahasa atau lebih yang dipermudah sebagai alat komunikasi sosial dalam kontak yang singkat  antara orang-orang yang berlainan bahasanya dan tidak merupakan bahasa ibu para pemakainya. Wardhaugh mendefinisikan pidgin adalah:
A pidgin is a language with no native speakers: it is no one’s first language but is a contact language. That is, it is the product of a multilingual situation in which those who wish to communicate must find or improvise a simple lamguage system that will enable them  to do so.(Wardhaugh, 2010:58).
Pidgin adalah sebuah bahasa yang tidak memiliki penutur asli: bahasa ini bukan bahasa pertama seseorang, melainkan bahasa pergaulan (contact language), dan merupakan hasil dari situasi multibahasa, dimana seseorang yang hendak berkomunikasi dengan orang lain harus menemukan cara atau mengembangkan kode-kode sederhana. Pidgin juga merupakan sebuah bahasa yang muncul sebagai hasil interaksi antara dua kelompok yang berbicara dengan bahasa yang berbeda dan tidak mengerti apa yang dibicarakan satu sama lain, sehingga mereka menggunakan apa yang dinamakan dengan pidgin ini untuk berkomunikasi. Misalnya, pedagang asongan di kawasan Tanah Lot bertutur dengan wisatawan asing dalam bahasa Inggris pidgin. Bahasa Inggris digunakan sebagai dasar dan lafalnya disesuaikan dengan lidah Indonesia, contohnya
a.       peri cip (very cheap) = sangat murah
b.      paip (five) = lima
c.       masas (massage) = pesan
d.      tosen (thousand) = seribu
e.       many-many different with art shop (the price is much different from the price given in the art shop) = harganya banyak beda dengan ditoko. 

Selain itu Holm menambahkan
Holm (dalam Wardhaugh, 2006:58) defines a pidgin as a reduced language that result from extended between groups of people with no language in common; it evolves when they need some means of verbal communication, perhaps for trade, but no group learns the native language of any other group for social reasons that may include lack of trust or of close contact.
Holm mendefenisikan pidgin sebagai bahasa yang dihasilkan oleh sebuah kelompok orang yang tidak memiliki bahasa yang sama, kemudian berkembang sebagai alat komunikasi untuk  perdagangan, tetapi bahasa ini tidak memiliki penutur asli. Dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan pidgin adalah variasi bahasa yang tidak memiliki pentur asli, yang bercirikan penyederhanaan (simplification), dan lazimnya mengalami penyederhanaan dalam tata bahasa dan kosakata.
Pidgin ialah suatu bahasa campuran dari dua bahasa (atau lebih) yang muncul secara alamiah karena masing-masing pihak penutur bahasa aslinya tidak saling mengerti (Wardhaugh, 1986:57; Fasold, 1990:181; Crystal, 1992:334). Tentu saja, pidgin itu tercipta agar masing-masing pihak dapat saling berkomunikasi. Biasanya, bahasa pidgin terjadi dari bahasa penduduk asli yang bercampur dengan bahasa kaum pendatang. Biasanya pula, sumbangan dari bahasa penduduk asli lebih banyak daripada sumbangan dari bahasa kaum pendatang, tetapi hal itu tidak bersifat mutlak. Hal terpenting ialah bahasa pidgin lebih sederhana dari masing-masing bahasa penyumbangnya. Dengan kata lain, bagaimana yang lebih mudah diterima/dimengerti oleh kedua belah pihak, bagian itu pula yang masuk ke dalam pidgin.
Pidgin terbentuk ketika para penutur melakukan hubungan dagang atau interaksi dengan penutur bahasa lain, atau bekerja pada perkebunan yang diurus oleh penutur bahasa lain dan tidak mengerti bahasa lawan tuturnya.  Mereka yang menggunakan pidgin juga memiliki bahasa lainnya juga, melainkan pidgin dijadikan sebagai  bahasa tambahan yang digunakan untuk tujuan tertentu seperti dalam perdagangan atau administrasi, misalnya untuk membeli dan menjual padi atau kulit hewan.  Selain itu pidgin tidak digunakan sebagai alat identifikasi grup atau untuk mengungkapkan jarak sosial. Dalam hal ini fungsi utamanya bahasa pidgin tersebut adalah untuk memungkinkan para pekerja berkomunikasi antara satu sama lain, karena para buruh perkebunan berasal dari daerah yang berbeda-beda dan digunakan oleh para mandor untuk mengarahkan para buruh kasar.
Pidgin tidak hanya muncul didaerah perdagangan dan didaerah pesisir pantai, melainkan pidgin juga bisa terjadi dikawasan bekas daerah-daerah jajahan dan di daerah yang berkawasan masyarakat heterogen. Pidgin bisa terbentuk dari kosakata dan struktur yang berlainan dan juga mengambil salah satu bahasa lain sebagai dasar penyempurnaan kosakatanya.contohnya saja Bahasa Melayu Pasar. Bahasa Melayu ini terjadi akibat penyebaran perdagangan antaretnis. Bahasa Melayu Pasar adalah bahasa pidgin yang dipengaruhi kontak antara pedagang Melayu dan Cina. Contohnya:
Rumah-ku menjadi Saya punya rumah
Saya pukul dia menjadi Saya kasi pukul dia
Megat dipukul Robert menjadi Megat dipukul dek Robert

2.        Kreol
Kreol adalah pidgin yang dalam perkembangannya menjadi bahasa ibu dari suatu masyarakat bahasa. Kreol muncul ketika pidgin menjadi bahasa ibu pada suatu komunitas tertentu. Kreol merupakan pidgin yang telah mengalami perluasan dalam segi struktur dan kosakatanya untuk mengungkapkan makna atau fungsi yang serupa yang diperlukan oleh sebuah bahasa pertama.
Holmes (dalam Wardhaugh, 2010:59) says that ‘A creol is pidgin which has expanded in structure and vocabulary to express the range of meaning and serve the range of function required og a first language. (dalamWardhaugh, 2006:59)
Holmes mengatakakan kreol adalah pidgin yang strukturnya diperluas, kosa katanya mengekspresikan sejumlah arti dan berfungsi sebagai pemerolehan bahasa pertama. Kreol  muncul ketika bahasa pidgin menjadi bahasa ibu dari sebuah generaasi baru anak-anak. Misalnya ketika seorang pria dan seorang wanita yang memiliki bahasa yang berbeda menikah, keduanya tahu bahasa pidgin dan belajar bahasa pasangannya. Pidgin kemudian menjadi bahasa rumah yang digunakan bersama dan menjadi  bahasa ibu anak-anak mereka.
Kreol adalah pidgin yang membutuhkan penutur asli (native-speaker). Banyak dari pidgin ini yang kemudian menjadi kreol. Bahasa ini digunakan oleh anak-anak sebagai bahasa pertama mereka dan digunakan dalam jangkauan yang luas. Selain berkembang sebagai bahasa pertama, kreol juga berbeda dari pidgin dari segi fungsi dan strukturnya. Kreol merupakan pidgin yang telah mengalami perluasan dalam segi struktur dan kosakatanya untuk mengungkapkan makna atau fungsi yang serupa yang diperlukan oleh sebuah bahasa pertama.
Kreol adalah bahasa yang terbentuk jika suatu sistem komunikasi yang pada awalnya merupakan bahasa pidgin kemudian menjadi bahasa ibu suatu masyarakat. Semua bahasa yang disebut pidgin pada kenyataannya sekarang ini menjadi bahasa kreol baru. Misalnya bahasa Tansi di Sawahlunto yang merupakan perpaduan bahasa Jawa, bahasa Indonesia dan bahasa Minang, yang tumbuh dan berkembang pada zaman kolonial Belanda yang digunakan sebagai bahasa sehari-hari oleh buruh tambang yang sebagian besar berasal dari suku Jawa yang masih bisa kita rasakan pada saat ini , diantaranya:
a.       dimana ke ? (dimana kamu?) "ke" dari "kowe"
b.      udah ke kabek-in anjing ke? (sudah kamu ikatkan anjingmu?)
c.       kemana aja ke, kok lama gak ketok-ketok? (kemana saja kamu, kok lama tidak keliatan?) "ketok" = terlihat/tampak
d.      udah ta’ kek-i tapi dia tak mau terima (sudah saya berikan tapi dia tidak mau terima)  ta' = kata depan. kek-i = berikan
Contoh lain yaitu, Bahasa Melayu Pasar yang dipengaruhi kontak antara pedagang Melayu dan Cina, bahasa ini dahulunya tergolong ke dalam bahasa pidgin dan mengalami proses kreolisasi :
a.       Rumah-ku menjadi Saya punya rumah
b.       Saya pukul dia menjadi Saya kasi pukul dia
c.        Megat dipukul Robert menjadi Megat dipukul dek Robert
Kreolisasi merupakan perubahan sebuah pidgin menjadi kreol. Bahasa Melayu Pasar masih dipakai dengan lingkup terbatas di Singapura, Malaysia dan Sumba Timur (NTT).
Menurut Wardhaugh pidgin dan kreol  hampir saling berlawanan. Pidgin melibatkan  penyederhanaan bahasa, misalnya pengurangan morfologi (struktur kata) dan sintaksis (struktur tata bahasa), adanya toleransi terhadap variasi fonologi (pelafalan), pengurangan fungsi bahasa pidgin, peminjaman kosakata dari bahasa ibu setempat. Sebaliknya, kreol melibatkan pelebaran morfologi dan sintaksis, pengaturan fonologi, secara sengaja ditambahkan fungsi bahasa tersebut dan perkembangan sistem yang rasional dan tetap untuk menambah vokabuler.
Pidgin muncul karena kebutuhan untuk berkomunikasi, terutama jika pembicara dan pendengar memiliki bahasa yang berbeda. Tidak semua pijin berubah menjadi kreol. Kebanyakan pijin adalah lingua franca, ada karena kebutuhan. Jika pidgin tidak lagi digunakan, maka ia akan mati. Pidgin berubah menjadi kreol hanya jika karena suatu alasan tertentu, pijin menjadi satu ragam bahasa yang diharus digunakan oleh anak-anak dalam situasi tertentu yang tidak menghendaki penggunaan bahasa secara penuh. Orang berbicara kreol lebih cepat daripada pidgin dan tidak mengucapakan kata per kata, sehingga penyederhanaan sangat terlihat. Misalnya, ma bilong mi (suami saya) menjadi mablomi.
 

BAB III
PENUTUP


A.      Simpulan
Salah satu dari ciri bahasa tersebut adalah bersifat dinamis, dimana bahasa selalu berkembang dan berubah seiring dangan perkembangan zaman dan penuturnya, sehingga dalam perubahan dan perkembangan tersebut akan ditemui beberapa istilah seperti pidgin dan kreol. Pijin/pidgin adalah sebuah bahasa pertama yang berkembang sebagai suatu alat komunikasi antar dua kelompok atau lebih. Pijin mempunyai bentuk-bentuk atau aturan-aturan bahasa sendiri dari penggunaan bahasa dalam bertutur. Sedangkan kreol adalah muncul ketika pijin menjadi bahasa ibu pada suatu komunitas tertentu. Strukturnya masih menggambarkan struktur pijin, tetapi masih disebut kreol, karena masih menjadi bahasa ibu mereka.
Pidgin bisa menjadi kreol ketika adanya penutur asing dan digunakan oleh keturunannya yang kemudian dibekukan sebagai bahasa pertama mereka. Bahasa ini dikatakan kreol apabila bahasa pidgin itu telah berlangsung secara turun-temurun. Kreol memiliki penutur lebih banyak dibanding pidgin. Karena kreol berkembang melalui anak-cucunya, dan pidgin hanya merupakan bahasa aslinya. Ketika seseorang menyebut suatu bahasa itu kreol, maka seharusnya terlebih dahulu bahasa tersebut telah terbukti secara historis tentang asal-usulnya. Karena dalam menentukan kreol atau tidaknya, historis suatu bahasa memiliki peranan yang sangat penting dan memiliki keterkaitan yang sangat erat.




KEPUSTAKAAN


Sumarsono. 2007. Sosiolinguistik. Yogya: SABDA.
Wardhaugh, Ronald. 2010. An Introduction to Sociolinguistics. New York: Basil Blackwell.


6 komentar:

  1. Very helpful reading. Thanks

    BalasHapus
  2. contoh nyata kreol, ada di daerah Cirebon Indramayu dan sekitarnya.. betulkah?

    BalasHapus
  3. terim kaish banyak membantu utk peserta didik

    BalasHapus
  4. Here are our tips for all the sports toto.com
    How to use: 1. Go to any sports betting website. · 2. Choose the bookmaker you want to bet on · 오래된 토토 사이트 3. Check how much you like to bet. · 4. Go to the

    BalasHapus
  5. MGM National Harbor casino opens July 13th - KCHP
    ATLANTIC CITY, N.J. (KTAR) 상주 출장샵 -- 익산 출장샵 MGM National Harbor's new hotel features a 파주 출장마사지 24-hour casino, live 충주 출장안마 concerts, live sporting events and more. 당진 출장마사지

    BalasHapus